Meta Siap Hadirkan Media Sosial Baru Mirip Twitter

Industri Meta berencana membuat aplikasi pesaing Twitter. Berita ini timbul semenjak Elon Musk mengambil alih Twitter seluruhnya serta membuat pergantian besar dalam personelnya. Kendati belum tentu apa nama media sosial Meta yang baru, telah jelas kalau mereka mau mendominasi pasar media sosial berbasis bacaan.

Industri Meta hendak membuat media sosial baru ini selaku decentralized social network semacam Mastodon. Maksudnya, informasi serta konten pengguna ditaruh di blockchain serta server independen, bukan server terpusat yang dikendalikan oleh satu industri. Jaringan sosial terdesentralisasi berikan pengguna lebih banyak kontrol serta otonomi. Orang bisa mengendalikan sendiri jejaring sosial mereka dan ketentuan mainnya.

Saat sebelum masuk lebih jauh ke uraian media sosial baru dari Meta, bisa jadi terdapat sebagian di antara kalian yang belum sering di dengar dengan apa itu Industri Meta. Ayo, ikuti profilnya di dasar ini!

Apa itu Industri Meta?

Meta Platforms Inc. yang lebih dahulu bernama Facebook Inc. merupakan industri penyedia pemecahan jejaring sosial, periklanan, serta pengetahuan bisnis. Meta Facebook mempunyai visi membangun area virtual yang membolehkan orang berhubungan serta tersambung dengan teknologi. Proyek ambisius ini diberi nama Metaverse.

Industri Meta diperkenalkan oleh Founder sekalian CEOnya, Mark Zuckerberg, pada kegiatan Connect 2021. Dikala ini, Dia memegang saham terbanyak di Meta, ialah senilai 13. 6%. Zuckerberg mempunyai pengaruh besar di industri sebab Meta mempraktikkan struktur dual- share. Maksudnya, para supervoter–biasanya terdiri dari founder serta pihak management, berhak atas multi suara buat tiap saham yang dipunyai.

Lewat bahan- bahan utamanya semacam Facebook, Instagram, Oculus, Messenger, serta Whatsapp, apa itu Industri Meta sanggup menghubungkan orang- orang dengan keluarga, sahabat, serta rekan kerja mereka di segala dunia. Meta Facebook menolong pengguna menciptakan produk serta layanan baru dari bisnis lokal serta global.

Dari sisi bisnis, Meta menjual advertising placements untuk pemasar buat menjangkau orang bersumber pada bermacam aspek tercantum umur, tipe kelamin, posisi, atensi, serta sikap. Industri Meta mempunyai business presence di banyak kontinen, meliputi segala Amerika, Eropa, Timur Tengah, Afrika, serta Asia Pasifik. Sedangkan kantor pusat Meta Facebook berlokasi di Menlo Park, California, Amerika Serikat.

Platform Media Sosial Baru dari Meta Facebook

Kembali ke rencana peluncuran media sosial baru oleh Meta, proyek ini diberi nama kode P92. Platform media sosial yang baru oleh Meta Facebook hendak terbuat berdiri sendiri, tetapi pengguna bisa log in dengan kredensial Instagram mereka. Strategi ini menolong Industri Meta menarik para pengguna Twitter yang mencari alternatif sehabis Elon Musk memahami Twitter serta mengubah sebagian ketentuan situsnya.

Proyek P92 dipandu oleh Kepala Instagram Adam Mosseri. Sampai dikala ini, belum jelas telah berapa lama Meta Facebook mengerjakan P92, tercantum apakah mereka telah berpindah ke sesi pengembangan. Bersumber pada portal yang awal kali memberitakan proyek P92, Moneycontrol, pekerjaan ini masih berstatus work in progress.

Meta Facebook dikabarkan hendak mengadopsi pemakaian ActivityPub. Dia ialah protokol jejaring sosial terbuka serta terdesentralisasi yang memberdayakan Mastodon serta sebagian platform media sosial lain. Lebih lanjut, bagi sumber yang diwawancarai Moneycontrol, Minimum viable product proyek P92 membolehkan pengguna buat broadcasting unggahan mereka ke orang- orang di server lain. Hendak namun, belum tentu mereka dapat menjajaki serta memandang konten para pengguna di server lain.

Sebagian fitur lain yang hendak ditawarkan pada tipe dini meliputi tappable link in posts with preview semacam Twitter, biografi serta nama pengguna, lencana verifikasi, dan mengunggah foto serta video. Meta pula hendak meningkatkan fitur pengikut serta suka, tetapi ketersediaan kolom pendapat serta fitur pesan baru hendak ditambahkan di setelah itu hari.

Kelebihan Media Sosial Baru Industri Meta

Opsi Meta Facebook buat membuat platform barunya selaku jaringan sosial terdesentralisasi membagikan sebagian keuntungan untuk pengguna. Di antara lain membolehkan pengguna menjauhi kontrol terpusat atas konten serta penyensoran. Tidak terdapat otoritas pusat yang bisa menyensor konten ataupun menghalangi akses pengguna ke platform.

Terpaut informasi pengguna, jaringan sosial terdesentralisasi membagikan pribadi serta keamanan yang lebih besar. Informasi tidak diatur oleh entitas tunggal serta tidak ditaruh di server terpusat, tingkatkan proteksi dari peretasan serta pengawasan. Informasi pengguna didistribusikan di sebagian server serta jaringan, sehingga lebih susah untuk pihak ketiga buat mengakses ataupun menyalahgunakan informasi.

Platform sosial tidak terpusat pula membolehkan tumbuhnya komunitas yang lebih bermacam- macam serta inclusive. Dia terbuka buat komunitas kecil serta terspesialisasi yang tidak bisa dicoba pada platform besar serta terpusat. Membolehkan orang- orang dengan atensi ataupun latar balik yang sama bisa tersambung serta berhubungan dengan satu sama lain.

Sebab tidak dikendalikan oleh satu entitas, media sosial desentralisasi tidak tergantung pada pemasukan iklan. Dengan ini, pengalaman onlinemu tidak sangat komersial serta lebih berfokus pada komunitas. Mayoritas media sosial terdesentralisasi dikala ini mengadopsi cryptocurrency buat membangun ekonomi mereka sendiri.

Keuntungan terakhir dari media sosial terdesentralisasi ialah tingkatkan inovasi. Pengguna bisa bebas bereksperimen terpaut ilham serta teknologi baru tanpa dibatasi oleh ketentuan serta kebijakan otoritas pusat. Sebagaimana web Mastodon silih berbicara serta interoperate. Pengguna dapat menyebut ataupun mengirim pesan kepada orang di web website manapun sepanjang mengenali alamatnya.

Kekurangan Media Sosial Baru Industri Meta

Kendati menjanjikan kebebasan berkomentar serta keamanan informasi pengguna yang lebih besar, media sosial terdesentralisasi pula mempunyai beberapa kekurangan. Awal, sebab tidak dikontrol oleh satu entitas, tidak terdapat otoritas pusat buat memoderasi konten serta menegakkan ketentuan. Perihal ini bisa menyebabkan atmosfer kacau sebab pengguna leluasa mengunggah apapun tanpa khawatir terserang ban serta dihukum.

Kedua, jaringan media sosial tidak terpusat cenderung terfragmentasi serta susah dinavigasi. Dampaknya, menyulitkan pengguna buat menciptakan serta tersambung dengan orang lain yang mempunyai atensi seragam. Perihal ini bisa memunculkan komunitas yang lebih kecil, kurang aktif, serta rasa keterasingan untuk penggunanya.

Ketiga, rawan terjalin permasalahan teknis selaku akibat dari ketergantung mereka terhadap teknologi yang lingkungan. Pengguna non- teknis mungkin susah menguasai serta memakainya. Keempat, mereka tergantung pada layanan pihak ketiga semacam layanan server serta decentralized identifier. Perihal ini bisa menimbulkan resiko bonus yang bisa jadi tidak terdapat pada platform terpusat.

Terakhir, media sosial terdesentralisasi relatif baru serta masih dalam sesi pengembangan. Oleh karenanya, mereka bisa jadi tidak sediakan fitur serta pengalaman pengguna dengan tingkatan sama dengan platform terpusat yang telah mapan. Sehingga tidak sangat menarik untuk pengguna yang terbiasa dengan kemudahan jaringan media sosial mainstream.

Nah, itu ia kabar terbaru dari Meta Facebook yang butuh kamu tahu! Proyek media sosial baru dari Industri Meta sangat ditunggu- tunggu oleh bermacam pihak sebab dikabarkan hendak menyaingi Twitter serta Mastodon. Bila platform baru dari Meta ini ditetapkan, apakah kalian pula tidak tabah buat mendaftar? Ikuti terus web Eraspace buat pembaharuan beritanya, ya!

Bila kalian lagi mencari gadget andalan buat jadi content creator serta influencer media sosial, jangan kurang ingat kunjungi web Eraspace ya! Daftarkan pula dirimu selaku member myeraspace. Kalian dapat memperoleh poin myeraspace pada tiap transaksi, kumpulkan poinnya, serta menukarkan poin tersebut pada transaksi selanjutnya. Belanja benda di Eraspace tentu original, terpercaya, serta free ongkir!

Leave a Comment